Rabu, 03 November 2010

Jenis-Jenis Makanan Hewan


mata kuliah : pembelajaran sains 1 (SD) dosen : Muslih, Mpd
Jenis-Jenis Makanan Hewan

Pernahkah kamu pergi ke sawah, kebun, atau kebun binatang yang ada di daerahmu? Coba pergilah sekali lagi dan amati jenis-jenis makanan yang dimakan hewan-hewan tersebut. Adakah hewan yang memakan daun-daunan, biji-bijian, buah-buahan, atau hewan lain yang lebih kecil? Jenis-jenis makanan `hewan dikelompokkan menjadi dua, yaitu berupa tumbuh-tumbuhan dan berupa hewan lain.         

1. Makanan Berupa Tumbuhan
Tumbuhan merupakan sumber  makanan yang banyak  Dimanfaatkan oleh makhluk hidup. Hampir semua  bagian tumbuhan dapat di makan oleh hewan. Dari daun,  batang, buah, bunga, biji, sampai akarnya pun bisa  dijadikan sumber makanan.  

















Gambar 3.1 Tumbuhan merupakan  sumber  makanan  utama bagi hewan.





a. Daun  
Bagian tumbuhan yang paling umum dijadikan makanan hewan adalah daun. Pernahkah kamu melihat ulat? Mungkin ada diantara kamu yang jijik melihat ulat. Ulat banyak terdapat di daundaun tumbuhan. Apakah makanan ulat? Ya, ulat memakan daun-daun tumbuhan tempat dia

b. Batang
Di desa, banyak petani yang memelihara sapi atau kerbau. Selain bisa diambil  tenaganya, hewan tersebut juga bisa dijadikan penghasilan tambahan bagi para petani. Apakah makanan sapi? Salah satu jenis makanan sapi adalah batang tumbuhan padi dan jagung. Tumbuhan lain yang biasa dimakan batangnya adalah pohon bambu. Panda sangat menyukai batang bambu muda. Dari Negara manakah panda berasal? Coba sebutkan hewan lain yang juga memakan batang tumbuh-tumbuhan!

c. Buah
Apakah kamu suka memakan buah-buahan? Buah apa yang paling kamu sukai? Selain kamu, banyak binatang yang makanan utamanya adalah buah. Binatang apa sajakah itu?
Kamu mungkin pernah mengigit ulat yang terdapat di dalam buah yang sedang kamu makan. Mengapa ulat berada di dalam buah? Ya, ada beberapa jenis ulat yang makanan utamanya adalah buah. Jenis ulat ini biasanya dianggap hama bagi para petani buah karena merugikan.

d. Biji
Biji merupakan bagian tumbuhan yang disukai oleh berbagai jenis hewan, terutama jenis burung. Biji padi dan jagung merupakan makanan lezat bagi burung pipit. Biji kenari banyak diincar tupai.

2. Makanan Berupa Hewan

Hewan-hewan kecil banyak yang menjadi mangsa bagi hewan yang lebih besar.Hewan yang bertubuh besar juga dapat menjadi makanan hewan lain. Tikus menjadi mangsa kucing. Kelinci menjadi makanan elang. Bahkan di hutan, hewan besar seperti zarafah, kijang, dan kerbau dijadikan mangsa oleh harimau dan singa.
PENGGOLONGAN HEWAN
Hewan banyak jenisnya. Ada yang besar ada yang kecil. Ada yang berjalan, merayap, dan ada yang terbang. Menurut jenis makanannya, hewan digolongkan menjadi tiga, yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora.

1. Herbivora
Hewan yang makanannya hanya berupa tumbuhan saja (rumput, daun-daunan, biji-bijian, dan buah-buahan) digolongkan sebagai hewan pemakan tumbuhan. Hewan pemakan tumbuhan juga disebut herbivora.
Hewan herbivora banyak terdapat di sekitar kita.


Herbivora memiliki gigi geraham dengan permukaan lebar dan bergerigi. Gigi gerahamnya juga memiliki banyak hubungan (bagian puncak gigi). Mengapa demikian? Agar dapat digunakan untuk menggiling rumput dan daun-daun yang keras. Dengan begitu, rumput dan daun yang telah dimakan dapat masuk ke dalam lambung secara mudah. Ada juga herbivora yang tidak memiliki gigi melainkan memiliki tembolok. Fungsi tembolok hampir sama dengan fungsi gigi geraham. 
Herbivora juga mempunyai gigi seri. Gigi seri berguna untuk memotong-motong makanan sebelum di kunyah.gigi geraham dengan pemukaan yang luas di gunakan untuk mengunyah makanan hingga lumat.
Paruh burung pemakan biji mempunyai ujung yang runcing tetapi tidak terlalu panjang. Sedangkan burung pemakan madu mempunyai paruh yang sangat panjang untuk menembus bunga dan menghisap madu.
Contoh hewan Herbivora yang makan dedaunan, yaitu kambing, kuda, gajah, dan sapi. Herbivora pemakan biji-bijian, antara lain, burung pipit,kenari, tupai, dan merpati. Herbivor pemakan buah adalah burung beo, ulat buah, dan jalak

2. Karnivora

Di depan telah dijelaskan bahwa terdapat hewan yang makanan utamanya hewan lain. Hewan jenis ini disebut karnivora. Hewan karnivora mudah dikenali karena memiliki bagian tubuh yang berbeda dengan hewan herbivora.
Ciri hewan karnivora mempunyai indra penglihat,pencium,dan pendengar yang baik.
Hewan karnivora mempunyai racun (bisa) dan gigi taring seperti ular.
Burung pemangsa memiliki paruh kuat,runcing,serta cakar yang kuat untuk mencengkram mangsa.sedangkan burung bangau memiliki paruh dengan bagian bawah berongga untuk menjaring makanannya berupa ikan.
Karnivor berkaki empat memiliki gigi geraham khusus yang digunakan untuk mengunyah daging. Gigi geraham ini dapat mengerat dan menghancurkan makanan. Gigi serinya kecil-kecil dan tajam. Gigi seri berfungsi untuk menggigit dan memotong makanan. Gigi taringnya panjang, besar, dan runcing. Gigi taring berfungsi untuk mengoyak mangsanya.

  
Hewan yang termasuk karnivora adalah:
·         Bangsa burung, misalnya        : Burung elang, burung rajawali,burung hantu,dsb.
·         Bangsa serangga misalnya      : Nyamuk laba-laba
·         Bangsa mamalia misalnya       : Harimau,singa,serigala,dsb
·         Bangsa reptile misalnya          : Ular,komodo,bunglon,cicak,dan tokek.
·         Bangsa ikan misalnya              : Hiu,arwana dan lohan

3. Omnivora



Hewan pemakan tumbuhan maupun daging disebut omnivora. Musang adalah salah satu contoh omnivor. Contoh lainnya adalah beruang, ayam, bebek, dan tikus.
 Beruang selain makan ikan juga memakan buah-buahan dan madu. Ayam dan bebek sangat suka terhadap biji-bijian. Namun, keduanya juga sering makan cacing atau serangga kecil lainnya.
Tikus seperti musang, ikan dan buah-buahan merupakan makanan kesukaannya. Pernahkah
kamu kehilangan lauk karena dimakan tikus? Bentuk gigi omnivor merupakan gabungan dari bentuk gigi herbivora dan karnivora. Gigi geraham omnivora berguna untuk melumat, gigi serinya untuk memotong, dan gigi taringnya untuk mengerat makanan.

Bangsa burung juga ada yang termasuk hewan karnivora. Misalnya, burung kutilang, burung jalak, dan burung cucakrawa. Pernahkah kamu melihatnya? Bagaimana bentuk paruh burung-burung tersebut? Bentuk paruhnya panjang, kecil, dan runcing. Bentuk paruh seperti itu sangat sesuai untuk mengambil makanan berupa tumbuhan serta hewan-hewan kecil yang berada di daun ataupun di dalam batang pohon. Selain pengelompokkan di atas ada juga hewan yang memakan bangkai,misalnya biawak dan burung Nasar.Ada anggota karnivora yang makan serangga yang seruing di sebut insektivora dan ada anggota herbivora yang makan buah-buahan yang di sebut frutifora.

PERTANYAAN
1.      Apa yang dimaksud dengan hewan herbivora,karnivora dan omnivora?
2.      Sebut dan jelaskan penggolongan hewan yang termasuk karnivora!
3.      Sebutkan ciri-ciri hewan herbivora!
4.      Apa yang dimaksud dengan insektivora dan frutivora?
5.      Apa fungsi gigi taring pada hewan karnivora!
Jawab :
1.      Herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan
Karnivora adalah hewan pemakan daging atau hewan lain.
Omnivora adalah hewan pemakan tumbuhan dan hewan

2.       Bangsa burung, misalnya : burung elang,burung rajawali, burung hantu, dan sebagainya.
Bangsa serangga, misalnya : nyamuk, laba-laba, dan sebagainya.
Bangsa mamalia, misalnya : harimau, singa, serigala, dan sebagainya.
Bangsa reptil, misalnya ular, komodo, bunglon, cicak, dan tokek.
Bangsa ikan, misalnya : hiu, arwana, dan lohan.

3.      Hewan-hewan yang termasuk herbivora umumnya mempunyai gigi seri dan gigi geraham.
Gigi seri berguna untuk memotong motong makanan sebelum di kunyah.
Gigi geraham dengan permukaan yang luas di gunakan untuk mengunyah makanan hingga lumat.
Paruh burung pemakan biji memiliki ujung yang runcing tetapi tidak terlalu panjang,sedangkan burung pemakan madu mempunyai paruh yang dangat pajang untuk menembus bunga dan menghisap madu.

4.      Insektivora adalah  karnivora yang makan serangga
frutifora.adalah herbivora yang makan buah-buahan.

5.      Fungsi gigi taring adalah di gunakan untuk mencabik-cabik makanan.


2 komentar: